Ingin Mengontrol Diabetes? Konsumsi Saja Glucodex!

Glucodex adalah obat antipenyakit diabetes yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita tipe 2 atau 3.

Obat ini berbentuk tablet, dan diproduksi oleh Dexa Medica. Selain untuk menurunkan kadar gula darah, tablet antidiabetes ini juga dapat mensekresi kadar insulin.

Kandungan dan komposisi

Tiap tablet mengandung Gliclazide sebesar 80 mg. Gliclazide adalah zat aktif dalam obat yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang sekresi insulin yang ada pada pankreas.

Golongan obat

Obat antidiabetes ini termasuk golongan obat keras atau obat resep. Itu berarti obat tidak bisa diperjualbelikan secara bebas di toko-toko obat atau minimarket karena kandungannya yang dapat menyebabkan efek samping parah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Sehingga, obat hanya dapat dibeli dalam jumlah terbatas, dan hanya terdapat di toko obat khusus. Jika Anda menginginkan obat ini untuk mengatasi diabetes Anda, Anda harus berkonsultasi lebih dulu pada dokter yang akan memberikan resep obat sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Yang dapat mengonsumsi

Yang dapat mengonsumsi tablet antidiabetes ini adalah para penderita diabetes tipe 2 dan tipe 3 yang didiagnosis terkena diabetes setelah mencapai usia dewasa.

Yang tidak dapat mengonsumsi

Yang tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini adalah wanita hamil, pasien diabetes yang bergantung pada insulin, pasien diabetes yang mempunyai komplikasi ketosis dan asidosis, anak-anak, penderita hipersensitivitas, riwayat infeksi berat, serta gangguan fungsi hati dan ginjal.

Cara mengonsumsi dan dosis

Anda dapat mengonsumsi Glucodex bersamaan dengan makanan atau sebelum makan. Untuk dosisnya pun terbagi, yaitu dosis awal dan bertahap.

Pada dosis awal, obat diberikan 1/2-1 tablet setiap hari dan selanjutnya dapat diberikan secara bertahap mulai dari 40-80 mg hingga 240 mg jika diabetes yang diderita cukup parah.

Efek samping

Efek samping yang dapat terjadi setelah pemakaian obat beragam. Efek samping yang ditimbulkan adalah mual, muntah, nyeri pada ulu hati atau lambung, sakit kepala, hipoglikemia, dan ruam kemerahan pada kulit.

Apabila Anda merasakan gejala-gejala yang mengarah pada efek samping di atas segera hubungi dokter untuk konsultasi; meneruskan obat atau tidak serta meminta saran dan tindakan medis terbaik.

Yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat

Obat antidiabetes ini mempunyai interaksi dengan obat-obatan lain. Adapun obat-obatan yang dapat berinteraksi adalah aspirin, surfafol, micronazole, kortikosteroid, dan tetrasiklin.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan dalam mengonsumsi supaya Anda tidak mengalami efek samping parah atau obat tidak bisa bekerja secara efektif.

Jika salah satu efek samping memengaruhi kondisi tubuh yang berakibat pada kinerja harian Anda sebaiknya segera hentikan aktivitas harian tersebut, dan beristirahatlah.

Jika Anda ibu hamil dan menyusui ingin menggunakan obat ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Apabila ada dosis obat yang terlewat, segera kejar dosis tersebut jika memang belum terlalu lama terlewat. 

Namun jika sudah sangat terlewat, segera ganti dengan dosis baru. Jangan sesekali menggandakan dosis karena hal tersebut akan berdampak tidak efektifnya obat atau menimbulkan efek samping yang parah.

Simpan obat di ruangan yang kering dan sejuk, jangan sampai terpapar sinar matahari, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Apabila obat sudah memasuki masa kedaluwarsa dan habis terpakai segera buang pada tempat sampah khusus supaya tidak ada penyalahgunaan dan pencemaran lingkungan.

Harga

Glucodex dibanderol pada kisaran harga Rp 41.000-an. Anda hanya bisa memerolehnya di toko-toko obat khusus, dan sebelumnya harus meminta rekomendasi dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *