Haruskah Vaksin Virus Corona (Covid-19) Dosis Kedua Jika Mendapat Efek Samping Pasca Vaksinasi Pertama?

Dalam rangka menangani pandemi Virus Corona (Covid-19),  berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, instansi, tenaga medis dan masyarakat umum. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, pemberlakuan kebijakan PPKM hingga pelaksanaan program vaksinasi bagi seluruh penduduk Indonesia. Program Vaksinasi Nasional Indonesia untuk masyarakat umum resmi dibuka oleh pemerintah sejak Juli 2021 lalu.

Vaksin yang digunakan antara lain AstraZeneca, Sinovac, Sinopharm dan Moderna. Seluruh vaksin tersebut diberikan dalam dua dosis dengan interval waktu yang berbeda untuk setiap jenisnya.

Dilansir dari akun Twitter milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, @KemenkesRI, per 18 Agustus 2021, vaksin Virus Corona (Covid-19) berhasil diberikan kepada 85,5 juta penduduk Indonesia. Vaksinasi dosis pertama mencapai angka 55.660.964 (26,73% target) dan vaksinasi dosis kedua mencapai 29.877.726 (14,35%).

Urgensi Vaksinasi Dosis Kedua

Mayoritas vaksin Virus Corona (Covid-19) yang digunakan dalam program Vaksinasi Nasional diberikan dalam dua dosis. Dosis pertama dan dosis kedua diberikan dengan jenis vaksin yang sama. Selain itu, keduanya diberikan secara terpisah dalam interval waktu tertentu (beda jenis vaksin, beda interval waktu pemberiannya).

Vaksin dosis kedua diberikan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik dari paparan Virus Corona (Covid-19). Booster shoot (vaksin dosis kedua) dapat memperkuat sistem imun dan memungkinkan sistem imun mempertahankan memori untuk melawan virus dalam jangka waktu yang lebih lama.

Oluwatosin Goje, seorang ahli Obstetri dan Ginekologi dari Cleveland Clinic menyebut bahwa vaksinasi Virus Corona (Covid-19) dosis pertama memberikan efektivitas lebih dari 50% sedangkan tingkat efektivitas dosis kedua mencapai 95%. Hal ini membuktikan bahwa vaksin dosis kedua sangat penting untuk dilakukan.

Efek Samping yang Muncul Pasca Vaksinasi

Vaksin Virus Corona (Covid-19) dengan kebutuhan dua dosis memiliki efek samping yang serupa. Berikut sejumlah efek samping setelah vaksin Covid-19 yang dirasakan oleh sebagian orang, di antaranya:

  1. Rasa sakit, kemerahan atau bengkak di area yang disuntik
  2. Demam dan panas dingin
  3. Pusing, sakit kepala
  4. Lelah dan nyeri pada bagian tubuh tertentu
  5. Mual, muntah
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening

Efek samping tersebut biasanya dialami oleh lebih banyak orang ketika vaksinasi dosis kedua. Pasalnya, vaksin dosis kedua memberikan respon sistem imun yang lebih kuat dibanding dosis pertama.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanya berlangsung sementara dan merupakan tanda bahwa sistem imun dalam tubuh sedang bekerja. Selain itu, hanya sebagian orang yang mengalami efek samping tersebut.

Haruskah Vaksin Dosis Kedua jika Mendapat Efek Samping Pasca Vaksin Pertama?

Bagaimana jika seseorang memperoleh efek samping vaksinasi pertama? Lantas, apakah ia dikecualikan dari vaksinasi dosis kedua? Atau harus tetap menerima vaksin dosis kedua?

Berbagai pertanyaan serupa muncul dan menyebabkan sebagian orang menjadi takut untuk melakukan vaksin Virus Corona (Covid-19) dosis kedua.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan bahwa Anda harus mendapatkan vaksin dosis kedua bahkan jika menderita efek samping setelah vaksinasi pertama.

Namun, apabila dokter yang memeriksa menghimbau untuk tidak menerima vaksin dosis kedua, maka Anda boleh melewatkannya. Dalam beberapa kasus, orang dengan sistem kekebalan yang sedang atau parah dan orang yang menerima transplantasi organ disarankan untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga. Meskipun begitu, WHO dan pakar dunia tidak sepakat dengan pemberian vaksin dosis ketiga mengingat sejumlah negara masih kekurangan stok vaksin.


Anda dapat mencari tahu berbagai informasi tentang Virus Corona (Covid-19) di laman SehatQ.com atau melalui aplikasi SehatQ yang bisa diunduh di Google Play Store dan App

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *