Harga Beras Hitam, Putih, dan Merah Terbaru

Beras adalah makanan pokok hampir sebagian besar warga dunia. Terutama orang-orang Asia, beras seperti tak boleh terlewat dalam kesehariannya. Umumnya, beras yang dikonsumsi adalah beras putih. Namun, karena alasan kesehatan belakangan orang-orang mulai beralih ke beras merah atau hitam. Oh, ya, jangan lupa update harga beras hitam, merah, dan putih terbaru.

Penting kiranya memperbarui informasi tentang harga beras. Kecuali, kamu di rumah tinggal makan tanpa harus pusing pikir biaya. Atau kamu tipe yang memilih membeli makanan jadi, sehingga tak harus bersinggungan dengan penjual beras. Ya, apa pun itu terserahlah. Artikel ini hanya menyajikan harga beras hitam, putih, dan merah terbaru.

Oke. Kita harus mulai dari mana? Sepertinya kita harus mulai dari beras putih terlebih dahulu. Alasannya sederhana, apa lagi kalau bukan disebabkan oleh kenyataan bahwa beras putih jauh lebih populer dan dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia?

Langsung saja, kita mulai masuk ke sajian utama. Berikut update harga beras hitam, putih, dan merah terbaru per September 2021:

  • Harga Beras Putih

Indonesia yang katanya negeri agraris masih belum mampu mencukupi kebutuhan berasnya sendiri. Ya, kenyataan konyol tersebut secara sederhana bisa ditaksir dari kebijakan pemerintah yang terus saja mengimpor beras dari negara-negara tetangga. Mungkin, memang tanah kita sudah tak mampu lagi memberikan “makan” untuk masyarakat yang semakin banyak. Atau memang tanah kita yang digunakan untuk menanam sudah tak ada?

Kembali ke topik utama, yakni harga beras. Beras putih harganya cenderung segitu-segitu saja. Ada di kisaran 9 ribu sampai 11 ribu rupiah per kilogram. Tidak percaya? Artikel ini melansir data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang kalau disingkat jadi PIHPS. Sekilas mirip merek elektronik dari Jepang, ya?

Ya, data per 17 September 2021, harga beras putih kualitas bawah per kilogram adalah Rp9.800. Harga beras putih kualitas medium ada di angka Rp10.550. Adapun harga beras putih kualitas super yakni Rp11.950. Data harga ini dicatat dari seluruh provinsi, kabupaten/kota, dan seluruh pasar di Indonesia. Pergerakan harganya berdasarkan laporan per hari. Jadi, kalau kamu membaca artikel ini setelah tanggal 17 September 2021, mungkin harganya sudah berbeda.

  • Harga Beras Hitam

Beras hitam mulai meramaikan pasar pangan di Indonesia, setelah sebelumnya beras merah yang unjuk gigi. Kebutuhan orang sekarang akan sebuah makanan yang tak hanya membuatnya kenyang, tetapi juga sehat menjadi alasan di balik hadirnya dan diterimanya beras hitam dan beras merah—sebelumnya.

Disebut beras hitam, ya, karena beras ini memang berwarna hitam. Sebenarnya tidak hitam seperti ayam cemani, sih, yang hitam sampai ke tulang-tulangnya, seperti lagunya Pamungkas. Beras hitam sebenarnya cenderung ungu tua. Cuma, ya sudahlah. Anggap saja memang benar ia hitam.

Harga beras hitam jauh lebih mahal ketimbang beras putih, faktanya begitu. Sementara beras hitam punya selisih harga sedikit dari beras merah. Jika dilihat dari beberapa marketplace harga beras hitam per kilogram ada di rentang 20 ribuan hingga 50 ribuan rupiah. Perbedaan harga pastinya ditentukan oleh kualitas si beras itu sendiri.

  • Harga Beras Merah

Berdasarkan riset serampangan yang dilakukan untuk mendapatkan harga beras merah terbaru per September 2021, dapat disampaikan bahwa beras merah per kilogramnya dijual mulai dari 15 ribu rupiah dan termahal 30 ribuan rupiah. Jenis dan merek beras menjadi indikator terkuat dari perbedaan harga tersebut. Beras merah jenis organik tentu lebih mahal.Itulah kiranya update harga beras hitam, merah, dan putih per September 2021. Kalau kiranya informasi yang ada di artikel ini kurang lengkap, memang demikian adanya. Yang terpenting, setidaknya tergambar bahwa berapa uang yang harus disiapkan jika ingin membeli beras, esok hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *