Daftar Makanan dan Minuman Pembakar Lemak

Ada beberapa manusia yang diberkahi dengan metabolisme yang cepat, sehingga susah gemuk meskipun sudah makan apa saja. Tingkat metabolisme atau kecepatan tubuh kita membakar kalori untuk menghasilkan energi memang merupakan faktor genetik. Walaupun demikian, Anda juga bisa melakukan upaya untuk mempercepat proses metabolisme. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman pembakar lemak. Terdapat beragam makanan dan minuman yang bisa menambah kecepatan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Telur

Sarapan dengan menu telur mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang lebih lama pada mereka yang kelebihan berat badan atau menderita obesitas. Telur adalah salah satu sumber protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 20-35% dan meningkatkan kecepatan tubuh membakar kalori selama beberapa jam setelah makan. Karena inilah, telur masuk dalam daftar makanan pembakar lemak. 

  1. Ikan

Ikan salmon, haring, dan makerel adalah jenis-jenis ikan yang menjadi sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini bermanfaat untuk meredakan peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu dalam menghilangkan lemak tubuh. Ikan juga merupakan sumber protein yang baik tubuh, dengan mengonsumsi protein akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sekaligus dapat meningkatkan metabolisme.

  1. Teh hijau

Selain mengandung sedikit kafein, teh hijau juga menawarkan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan ini bisa meningkatkan pembakaran lemak, seperti lemak pada perut.

  1. Kopi

Minuman populer satu ini mengandung kafein yang memiliki efek meningkatkan performa mental dan fisik, serta membantu pembakaran lemak. Berdasarkan beberapa penelitian, minum kopi setiap hari bisa membantu mempercepat metabolisme sebanyak 3 hingga 13%. Supaya tidak mengalami efek samping kafein berupa insomnia dan kegelisahan, batasi konsumsi kopi Anda maksimal sebanyak empat cangkir saja tiap harinya. 

  1. Greek yogurt

Produk tinggi lemak, seperti greek yogurt, memang tampak tidak pas sebagai makanan pembakar lemak. Tetapi yogurt merupakan sumber protein, kalium, dan kalsium yang sangat baik. Mengonsumsi produk-produk susu yang tinggi protein bisa membantu tubuh dalam membakar lemak, membangun massa otot, dan menjaga perut agar kenyang lebih lama. 

  1. Minyak kelapa

Menambahkan minyak kelapa ke dalam makanan dapat menurunkan trigliserida dan membantu menurunkan berat badan. Tetapi ada beberapa riset yang menemukan bahwa efek meningkatkan metabolisme ini akan berkurang dalam jangka panjang. Selain digunakan untuk memasak, minyak kelapa juga bisa dikonsumsi langsung sebanyak satu atau dua sendok teh per hari. 

  1. Teh oolong

Meskipun tidak sepopuler teh hijau, teh oolong memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Kebaikan ini muncul berkat kandungan kafein dan katekin di dalamnya. Berbagai riset menyimpulkan bahwa kombinasi katekin dan kafein di dalam teh dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh hingga sebanyak 102 kalori tiap harinya. Tak heran bila teh termasuk sebagai minuman pembakar lemak.

Konsumsi makanan dan minuman pembakar lemak memang bisa membantu dalam mempercepat metabolisme tubuh, sehingga proses penurunan berat badan berjalan lancar. Meski demikian, olahraga juga perlu Anda lakukan agar proses diet bisa lebih menyehatkan. Jangan lupa pula untuk cek SehatQ.com untuk mencari tahu tips diet yang tepat untuk Anda. Terutama bila Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *