Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Mengantuk di malam hari merupakan hal yang wajar, terutama setelah Anda seharian beraktivitas dan belajar di sekolah. Tentu hal ini dapat membuat proses belajar di rumah menjadi sulit dilakukan. Kebiasaan tidur yang buruk, atau Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, dapat berkontribusi terhadap mengapa Anda merasa sangat mengantuk. Artikel ini akan membahas cara menghilangkan ngantuk saat belajar di rumah.

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:

  • Terus bergerak

Cara menghilangkan ngantuk saat belajar yang pertama adalah Anda perlu terus bergerak. Bergerak merupakan peningkat energi. Selain membantu Anda tetap terjaga, dengan terus bergerak dapat membantu Anda menengkan diri akibat stres karena ujian dan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengingat hal-hal apa saja yang sedang Anda pelajari. Sebuah studi tahun 2018 pada murid usia berapapun, mulai dari SD hingga usia kuliah, menemukan bahwa 10 menit berjalan di luar ruangan dapat meningkatkan performa daya ingat, deteksi fitur, dan kemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika secara signifikan. Cobalah untuk beristirahat selama 30 hingga 50 menit saat Anda belajar, dan gunakan waktu tersebut untuk berjalan-jalan, berlari, ataupun menari.

  • Gunakan pencahayaan yang cukup

Tubuh kita telah disesuaikan untuk memberikan respon terhadap sinyal-sinyal di sekitar lingkungan, seperti cahaya dan kegelapan total. Meskipun hubungan antara tidur dan cahaya bersifat tidak langsung (sangat mungkin untuk tertidur dalam ruangan penuh cahaya dan tetap terjaga dalam ruangan yang gelap), cahaya dapat membantu Anda untuk terus terjaga. Apabila Anda ingin belajar pada malam hari, cobalah untuk meniru lingkungan pada siang hari dengan menggunakan banyak lampu atau cahaya.

  • Duduk dengan tegak

Berbaring saat belajar mungkin terlihat nyaman. Namun, Anda tidak bisa menghilangkan ngantuk apabila berbaring. Berbaring dihubungkan dengan meningkatnya aktivitas sistem sarah parasimpatik, yang dikenal dengan fungsinya untuk istirahat dan mencerna. Di sisi lain, duduk dengan tegak dihubungkan dengan aktivitas sistem saraf simpatik, yang mengontrol fungsi kewaspadaan. Sebuah studi tahun 2014 menganalisa apakah duduk dengan tegak atau berbaring memengaruhi kinerja pada tes memori kerja. Peneliti melaporkan bahwa ketika peserta tes berbaring saat melakukan tes, kualitas tidur yang dilaporkan sendiri memengaruhi kinerja mereka secara negatif. Kualitas tidur tidak memengaruhi kinerja peserta yang duduk dengan tegak. Sehingga, apabila Anda merasa lelah, duduk dengan tegak dapat membantu Anda tetap fokus dan waspada. Anda juga bisa mencoba berdiri dengan tegak saat belajar. Berdiri dan bergerak dari waktu ke waktu dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga merupakan cara menghilangkan ngantuk yang efektif.

  • Minum cukup air

Kelelahan dan rasa ngantuk sering merupakan tanda atau gejala adanya dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya akan menguras energi Anda saja, tetapi juga dapat mengganggu fungsi kognitif, membuat belajar menjadi sebuah aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Sebuah tinjauan tahun 2017 memeriksa dehidrasi, termasuk efeknya terhadap fungsi otak. Peneliti melaporkan bahwa level dehidrasi rendah hingga sedang dapat memanggu ingatan jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, persepsi, dan kewaspadaan.

Tetap waspada dan terus fokus dapat menjadi sebuah hal yang menantang saat Anda belajar, terutama di malam hari setelah seharian Anda melakukan aktivitas sehari-hari. Cara menghilangkan ngantuk di atas dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghindari ngantuk saat Anda belajar. Terus terhidrasi, mendapatkan cukup latihan, dan mengadopsi kebiasaan sehat lainnya dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *