Cara Menggunakan Neutrogena Sunscreen untuk Melindungi Kulit

Aktivitas di luar ruangan membuat kulit Anda sering terpapar sinar matahari. Padahal, terlalu sering terkena sinar matahari dapat merusak kulit Anda. Hal ini karena sinar matahari mengandung radiasi UVA dan UVB. 

Sinar UVA mampu menembus lapisan terdalam kulit manusia (dermis). Hal ini dapat menimbulkan banyak efek pada kulit seperti kemerahan, kerutan pada kulit, bintik-bintik penuaan, hingga kanker kulit. 

Sementara itu, sinar UVB dapat merusak lapisan teratas kulit manusia (epidermis). Jika dibiarkan, dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, iritasi, dan kulit terbakar (sunburn). Selain itu, radiasi sinar UVB juga dapat menyebabkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit yang berpotensi menjadi kanker kulit. 

Untuk melindungi kulit dari dampak sinar UV, Anda perlu menggunakan krim tabir surya (sunscreen). Sunscreen mengandung bahan-bahan aktif yang mampu meminimalisasi paparan sinar UV ke kulit Anda. Dengan begitu, Anda dapat tetap beraktivitas tanpa perlu khawatir kulit terbakar. 

Anda dapat menggunakan Neutrogena Sunscreen untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Diproduksi menggunakan Teknologi Helioplex sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap kulit Anda secara maksimal terhadap sinar UVA dan UVB. Produk ini juga diformulasikan dengan Teknologi Dry-Touch, sehingga mampu menjaga produksi minyak kulit.

Resep Dokter

Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen merupakan produk perawatan kulit yang dijual bebas. Anda dapat membeli dan menggunakan produk ini tanpa resep dokter. Produk ini juga teruji klinis, sehingga aman digunakan sehari-hari.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

  • Melindungi kulit dari penuaan dini
  • Mencegah flek hitam akibat paparan sinar UV
  • Mencegah iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari
  • Mencegah kulit terbakar (sunburn)
  • Penggunaan secara rutin mampu mengurangi risiko kanker kulit.

Tips Memilih Sunscreen

Sunscreen dapat melindungi kulit Anda dari kanker kulit dan penuaan dini. Namun Anda tetap perlu mengetahui cara memilih sunscreen yang benar.

  1. Pilih tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi, tahan air (waterproof), dan mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. 
  2. Pilih sunscreen dengan PA+++ untuk memberikan perlindungan maksimal pada kulit terhadap sinar UVA.
  3. Pilih sunscreen dengan formula yang ringan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.
  4. Selalu periksa bahan-bahan yang terkandung dalam sunscreen untuk menghindari zat-zat yang dapat memicu alergi.

Cara Menggunakan Sunscreen

  1. Oleskan sunscreen minimal 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hal ini karena kulit Anda membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk menyerap kandungan sunscreen.
  2. Oleskan tabir surya ke semua kulit yang tidak tertutup pakaian, termasuk leher, wajah, telinga, dan kaki. Untuk melindungi bibir Anda, oleskan lip balm dengan SPF minimal 15. 
  3. Hindari penggunaan sunscreen di area sekitar mata dan wajah. Jika terkena, segera bersihkan dengan air mengalir.
  4. Agar tetap terlindungi saat berada di luar ruangan, aplikasikan kembali tabir surya setiap dua jam.
  5. Tetap gunakan sunscreen meskipun Anda beraktivitas di dalam ruangan atau cuaca sedang berawan.

Anda dapat menggunakan Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Produk sunscreen hanya dapat digunakan untuk pemakaian luar. Selain itu, tidak dianjurkan berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama, meskipun Anda sudah menggunakan sunscreen.

Neutrogena Ultra Sheer Dry Touch Sunscreen mengandung Benzophenone-3 (Oxybenzone). Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya perlu berhati-hati dalam menggunakan sunscreen ini. Gunakan secukupnya agar terhindar dari iritasi. Jika muncul gejala seperti ruam, gatal, kulit kemerahan, segera bersihkan kulit Anda dan hentikan pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *