8 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Dijamin Anti Kusam

Kulit wajah yang bersih, cerah, dan putih menjadi dambaan hampir setiap orang. Ya, setiap orang, kenapa? Karena zaman sekarang ini bukan hanya wanita, tapi kaum adam pun tidak mau kalah untuk meningkatkan penampilannya dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Untuk merawat kulit, banyak cara yang dapat dilakukan, seperti cara memutihkan wajah secara alami. Selain lebih murah, dari tingkat amannya pun tidak diragukan lagi karena tidak menggunakan bahan kimia.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Penggunaan bahan alami untuk merawat kulit wajah memang dipercaya tidak memberikan efek samping dan hal ini membuat banyak orang yang masih menggunakan bahan alami dalam perawatan kulit sehari-hari. Agar kulit tampak lebih cerah, berikut cara memutihkan wajah secara alami.

1. Rutin membersihkan wajah

Sehabis melakukan aktivitas dalam sehari, tanpa disadari banyak kotoran, debu, minyak, dan bekas makeup yang menempel di kulit wajah. Rutin membersihkan kulit selepas beraktivitas merupakan salah satu cara memutihkan wajah secara alami, dengan begitu kulit wajah tidak mudah kusam.

Kotoran, debu, bekas riasan, dan minyak yang masih tersisa di wajah dapat menyebabkan komedo hingga jerawat loh. Maka dari itu, penting sekali membersihkan wajah.

2. Lakukan eksfoliasi

Exfoliating biasanya menggunakan scrub tertentu yang tujuannya agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Karena sel kulit mati yang menumpuk menyebabkan kulit menjadi kusam. 

Dengan bahan alami seperti campuran gula dan madu, kopi dan minyak zaitun, atau beras yang dihaluskan, kamu dapat melakukan scrub wajah setidaknya setiap seminggu atau dua minggu sekali.

3. Gunakan masker

Tidak hanya membersihkan wajah dan eksfoliasi, pengaplikasian masker wajah pun juga penting karena dapat memberikan nutrisi pada kulit.

4. Gunakan tabir surya

Cara memutihkan wajah secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Memakai sunscreen tidak hanya dilakukan saat akan keluar rumah. 

Sangat penting mengaplikasikan sunscreen saat akan beraktivitas di pagi hari baik aktivitas outdoor maupun indoor. Sinar matahari masih dapat menembus melalui jendela rumah, sehingga kamu masih berpotensi terpapar sinar matahari. Sunscreen bertujuan agar kulit tidak terbakar dan menggelap.

5. Aplikasikan pelembab wajah

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan pelembabnya masing-masing. Ada pelembab khusus untuk kulit kering, berminyak, hingga kombinasi. Penggunaan pelembab membantumu agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Pelembab wajah yang ada di pasaran merupakan produk instan yang dapat kamu gunakan. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti gel lidah buaya sebagai pelembab. Kandungan aloin pada lidah buaya mampu mencegah pembentukan melanin yang berlebihan.

6. Minum air putih

Pastikan kulitmu tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup yaitu sekitar dua liter atau delapan gelas dalam sehari. Air putih dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

7. Istirahat cukup

Tidak begadang dan tidur yang cukup akan membantu kulit kamu menjadi lebih cerah karena dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. Kamu bisa mulai mengatur waktu tidurmu antara 7 hingga 9 jam.

8. Terapkan gaya hidup sehat

Makan makanan bergizi, rutin latihan fisik, jauhi alkohol, dan tidak merokok sangat membantu menjaga kesehatan kulitmu. 

Terlebih rokok yang sudah terbukti mengandung toksin di dalamnya yang apabila asapnya masuk ke dalam tubuh, akan mengakibatkan sel kulit menjadi lebih mudah menua.

Selain kedelapan cara memutihkan wajah secara alami di atas, kamu juga dapat memberikan pijatan ringan dan halus pada wajah menggunakan minyak zaitun ataupun jojoba. Pijatan menggunakan minyak ini bertujuan untuk meregenerasi kulit agar lebih glowing dan tidak kusam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *