Cara Melakukan Akupresur Sederhana Untuk Redakan Sakit Kepala

Akupresur adalah pengobatan komplementer atau alternatif yang punya prinsip dasar seperti akupunktur. Stimulasi titik-titik tekanan di sepanjang garis energi yang mengalir melalui tubuh dilibatkan pada dua pengobatan ini. 

Bedanya, akupresur melibatkan penerapan tekanan fisik untuk mengaktifkan titik-titik tekanan. Banyak orang yang percaya terapi komplementer ini efektif untuk sakit dan nyeri sehari-hari. Berikut beberapa teknik akupresur sederhana yang dapat Anda coba di rumah untuk meredakan sakit kepala. 

Titik akupresur untuk sakit kepala

Sakit kepala merupakan nyeri sehari-hari yang banyak dialami oleh orang-orang. Dikutip dari Medical News Today, menurut sebuah artikel tahun 2018, sakit kepala tipe tegang mempengaruhi sekitar 40% orang di seluruh dunia dan sakit kepala migrain mempengaruhi sekitar 10% orang di seluruh dunia.

Klaim yang dikatakan para praktisi akupresur bahwa dengan mengaktifkan atau merangsang titik-titik tekanan tertentu dapat membantu meredakan sakit kepala. Apa saja titik-titik tekanannya? Simak berikut: 

  • Third eye

Titik tekanan dapat Anda temukan di area antara alis yang juga disebut sebagai third eye. Merangsang atau mengaktifkan titik tekanan third eye dapat dilakukan dengan menerapkan tekanan konstan atau memijat lembut dalam gerakan melingkar.

  • Drilling bamboo

Titik tekanan kedua berada di bagian dalam setiap alis, atau jemabatan hidung bertemu dengan tulang alis. Sepasang titik tekanan ini berada di bagian dalam setiap alis, di mana jembatan hidung bertemu dengan tulang alis.

Gunakan kedua jari telunjuk Anda untuk memberikan tekanan yang sama pada kedua sisi. Atau Anda juga bisa merangsang satu titik pada satu waktu secara bergantian.

  • Gates of consciousness

Gates of consciousness atau gerbang kesadaran berada di ruang kosong di kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah dasar tengkorak. Cara mengaktifkan titik-titik ini dapat dengan memberikan tekanan kuat dengan telunjuk dan jari tengah kedua tangan Anda. 

Sebagai alternatif, kuncikan jari-jari di belakang kepala dan tekan ibu jari ke dalam ruang kosong di dasar tengkorak. Memijat titik-titik akupresur gates of consciousness juga dapat membantu meredakan nyeri leher.

  • Shoulder well

Titik tekanan shoulder well berada di tengah antara sendi bahu dan pangkal leher, baik bahu kanan atau bahu kiri. Gunakan telunjuk dan jari tengah Anda dari tangan yang berlawanan untuk memberikan tekanan yang kuat tapi juga lembut pada titik ini. Lakukan secara bergantian pada kedua belah sisi. 

Mengaktifkan titik tekanan ini dapat membantu meredakan kekakuan atau ketegangan pada otot bahu dan leher, serta membantu meredakan sakit kepala tegang.

  • Union valley

Union valley atau lembah penyatuan merupakan titik tekanan yang berada pada kulit kendur di antara ibu jari dan jari telunjuk. Jepit titik akupresur ini di antara ibu jari dan jari telunjuk tangan Anda yang lain. Tahan tekanan di titik tersebut atau pijat dengan menggerakkan ibu jari dalam lingkaran kecil. Ulangi pada sisi yang berlawanan.

Tips untuk akupresur

Pengobatan akupresur juga memungkinkan mereka yang melakukannya mendapat manfaat pernapasan dalam selama akupresur untuk lebih merilekskan tubuh. Berikut tips untuk akupresur untuk mengobati sakit kepala:

  • Duduk atau berdiri dalam posisi yang nyaman dan santai saat melakukan akupresur
  • Berikan tekanan yang kuat serta konsisten pada saat mengaktifkan titik akupresur
  • Selagi menekan, berlatihlah pernapasan dalam untuk membantu merilekskan tubuh
  • Hentikan pengobatan jika rasa sakit baru atau gejala yang memburuk terjadi
  • Konsultasi dengan dokter Anda jika ingin menambahkan pengobatan akupresur dalam program perawatan Anda

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi atau bekerja sama dengan terapis pijat terlatih atau ahli refleksologi guna mempelajari lebih lanjut tentang titik akupresur, letak, manfaat, dan cara memijatnya. Para Profesional ini dapat menunjukkan Anda titik akupresur mana yang paling bermanfaat bagi Anda, dan cara mengaktifkannya.

Penelitian ilmiah yang menyelidiki efek akupresur untuk sakit kepala masih sangat sedikit. Tapi beberapa penelitian menunjukkan atau mengklaim bahwa terapi akupresur mungkin efektif dalam meredakan sakit kepala. Oleh karenanya, studi lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim ini.

Akupresur dapat bermanfaat sebagai pengobatan komplementer atau alternatif yang aman. Ini juga mungkin cukup efektif untuk orang yang mengalami sakit kepala berulang. Jangan lupa untuk bicarakan ke dokter sebelum memulai bentuk pengobatan baru, bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu.

Temukan lebih banyak informasi mengenai akupresur di website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Temukan lebih banyak artikel kesehatan lainnya, Anda juga bisa berdiskusi secara online dengan dokter di aplikasi SehatQ. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *