Biasakan Berpikir Positif saat Stres Datang

Pikiran positif disertai sikap optimisme mendorong pengelolaan stres yang lebih efektif. Berpikir positif bukan berarti Anda harus menghindari segala sesuatu yang dianggap tidak menyenangkan, tetapi justru mendekati area tidak nyaman tersebut dengan cara lebih positif dan semakin produktif. Berbagai masalah yang mungkin menyebabkan stres juga tidak dapat dihindari, Anda harus menghadapi dan menyelesaikannya dengan penuh optimisme. 

Dampak stres terhadap kesehatan fisik dan mental

Stres kronis memicu risiko munculnya depresi dan kecemasan. Di dalam otak, respon awal stres yaitu dengan cara otak mengirimkan sinyal sehingga meningkatkan serotonin dan adrenalin. 

Serotonin menimbulkan perasaan senang agar tubuh dapat mengimbangi perasaan stres yang ditimbulkan. Sedangan adernalin akan diproduksi ketika seseorang dalam keadaan tertekan atau berbahaya. Adrenalin menyababkan gejala stres seperti detak jantung cepat, pembuluh darah melebar, serta napas cepat.  

Stres jangka panjang dapat mengubah struktur otak terutama di area memori dan belajar. Bersamaan dengan respon tersebut, penyakit mental lain yang lebih serius kemungkinan bisa berkembang. 

Stres juga mengakibatkan sakit kepala, insomnia, peradangan sel-sel tubuh, serta penurunan sistem imun. Lebih luas lagi, stres menyebabkan terganggunya sistem kardiovaskular, pernapasa, pencernaan, reproduksi, dan kinerja otot. 

Manfaat berpikir positif untuk mengurangi stres

Stres dapat terjadi pada semua kalangan umur, mulai dari anak-anak sampai lansia. Sebuah studi menunjukkan, berpikir positif mampu membantu manajemen stres dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tak hanya itu, berikut ini berbagai manfaat berpikir positif terhadap kesehatan:

  • Meningkatkan angka harapan hidup
  • Menurunkan risiko depresi
  • Lebih resisten terhadap penyakit flu 
  • Kondisi psikologis membaik
  • Meningkatkan kondisi kesehatan kardiovaskular

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang yang selalu berpikir positif cenderung mampu menjalani gaya hidup sehat, seperti melakukan olahraga dan aktivitas fisik teratur, menjalankan pola makan sehat, serta memiliki tidur yang berkualitas. 

Kebiasaan yang memicu pikiran positif

Untuk mengurangi stres, ubah pikiran negatif menjadi lebih positif. Akan tetapi, hal tersebut tidak mudah dilakukan sehingga harus dijadikan kebiasaan terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah agar bisa berpikir positif:

  1. Ketahui perilaku negatif yang ingin diubah

Pikirkan kebiasaan negatif yang berkaitan berkaitan dengan pekerjaan, sekolah, hubungan dengan pasangan, atau keluarga. Mulai dari hal-hal kecil dan fokus pada masalah tersebut. Jika telah menemukan akarr masalah, coba putarbalikkan pikiran negatif menjadi positif.

  1. Jangan lupakan humor

Beri ruang dan waktu kepada diri Anda untuk tersenyum, tertawa, dan bercanda terutama di masa-masa sulit. Dengan menertawakan masalah tersebut, biasanya stres akan berkurang.  

  1. Lakukan pola hidup sehat

Usahakan untuk olahraga rutin setiap hari selama 30 menit. Jika terlalu membebani, Anda bisa membaginya menjadi tiga kali dalam sehari masing-masing 10 menit. Olahraga dapat memicu produksi endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia. Pelajari juga teknik pengelolaan stres, seperti yoga dan meditasi. 

  1. Keliling diri Anda dengan orang-orang positif

Pastikan orang-orang di sekeliling Anda adalah mereka yang selalu berpikir positif dan suportif sehingga mampu memberikan saran dan tanggapan yang bermanfaat jika terdapat masalah. Orang dengan pikiran negatif secara tidak langsung akan semakin meningkatkan stres. 

  1. Mulai dengan berbicara kepada diri sendiri 

Aturan sederhana yang bisa Anda lakukan: jangan mengatakan sesuatu kepada diri sendiri yang tidak akan Anda katakan kepada orang lain. Bicaralah tentang perilaku negatif yang ingin Anda ubah dalam suasana hening dan nyaman. Pikirkan hal-hal baik yang terjadi sehingga patut disyukuri. 

Hal yang perlu Anda ketahui yaitu jangan berharap sikan negatif dan pesimis akan berubah dalam semalam. Dengan menerapkan cara-cara di atas secara perlahan, diharapkan mampu menjadikan Anda sebagai pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, stres pun dapat ditangani lebih mudah sehingga kesehatan mental dan fisik Anda tetap dalam keadaan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *