Bahan Alami yang Cocok untuk Obat Cacar Air

Cacar air kini bukan lagi penyakit mengerikan yang dinilai bisa mengancam jiwa, tidak seperti awal kemunculannya dulu yang sempat membuat penyakit ini menjadi pandemi mengerikan. Telah ditemukannya vaksin untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster ini pun turut menurunkan angka penderita cacar air secara berbarengan dengan cukup signifikan. Ditambah lagi, sudah ada antibiotik dengan kandungan acyclovir, penciclovir, atau famciclovir yang bisa menjadi obat cacar air.

Saat ini,  kebanyakan orang yang terkena cacar air juga lebih menunjukkan gejala yang ringan. Perawatan di rumah sakit pun dinilai tidak terlalu diperlukan sebab penyakit ini bisa diatasi dengan istirahat dan pemberian obat-obat yang tepat. Pun tidak melulu dengan antibiotik, beberapa bahan natural bisa Anda gunakan untuk memulihkan kondisi cacar air yang kerap menimbulkan ruam-ruam merah berair di sekujur tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan cacair air hanya dari rumah. Penggunaan obat cacar air yang bersifat alami ini juga sangat dianjurkan bagi anak-anak yang kerap menjadi sasaran cacar air sebab lebih aman dan minim efek samping.

  1. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya menyehatkan organ-organ tubuh bagian dalam dan bisa mencegah Anda terserang berbagai penyakit kronis. Makanan yang amat cocok dijadikan menu sarapan ini juga memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan ruam yang umumnya timbul akibat cacair air. Bahan alami yang satu ini membantu meredakan peradangan sebab memiliki sifat menenangkan kulit yang terinfeksi. Cara menjadikan oatmeal sebagai obat cacar air adalah dengan menjadikannya sebagai bahan campuran mandi.

  • Madu

Madu merupakan salah satu obat cacar air terbaik yang bersifat alami. Bahan natural yang satu ini mampu mengurangi rasa gatal dan timbulnya luka yang ditimbulkan oleh ruam-ruam cacar air sehingga minim meninggal bekas. Anda bisa menggunakan bahan alami ini sebagai obat cacar air dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang memiliki ruam untuk beberapa saat dan mengelapnya dengan air hangat. Mengonsumsi madu pun bisa membuat Anda lebih cepat memperoleh kepulihan.

  • Baking Soda

Pilihan bahan alami lain untuk meredakan gejala gatal dan perih yang ditimbulkan dari infeksi virus Varicella zoster adalah baking soda. Cukup sediakan satu gelas baking soda guna campuran air mandi Anda. Penggunaan air baking soda 2 kali sehari bisa membuat kulit lebih tenang sehingga peradangan yang ditimbulkan cacair air dapast segera mereda.

  • Teh Chamomile

Teh chamomile tidak hanya ampuh mereduksi tingkat stress dan membuat Anda lebih tenangf. Jenis teh yang satu ini nyatanya juga berkhasiat menjadi obat cacar air sebab mengandung senyawa antibakteri yang bisa mengurangi peradangan. Campurkan air mandi Anda dengan satu kantung teh yang berasal dari bunga chamomile. Setelah itu, Anda akan merasakan gatal-gatal yang menyiksa akibat ruam cacar air menjadi berkurang drastis.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi obat cacar air efektif yang bisa meredakan gejala gatal dan ruam yang ditimbulkan virus penyebabnya, sekaligus membuat bekas ruam tidak terlalu tampak. Pasalnya, bahan alami yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi rasa gatal sekaligus membuat kulit lebih lembap.

  • Kacang Hijau

Mengonsumsi kacang hijau menjadi cara lain untuk bisa pulih total dari penyakit cacar air. Ini karena bahan natural yang satu ini kaya dengan vitamin C, B6, serta asam folat. Kandungan tersebut efektif melawan peradangan serta mengurangi rasa gatal yang kerap menjadi gejala cacar air.

Tidak sulit bukan mencari bahan alami yang bisa menjadi obat cacar air. Apalagi, bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah Anda peroleh di dapur ataupun di toko dekat rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *