Bagaimana Menggunakan Obat Tetes Telinga Dengan Benar?

Jika telinga Anda penuh dengan kotoran, memiliki infeksi telinga atau sakit telinga mungkin Anda bisa menggunakan Obat tetes telinga yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun sebelum meneteskan telinga Anda, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dulu seperti bagaimana menggunakannya, aman tidak menggunakan obat tetes dan apa saja jenis obat tetes  

Cairan pembersih dalam obat tetes telinga untuk anak harus diperhatikan kandungannya

Apakah aman menggunakan obat tetes untuk telinga?

Obat tetes untuk telinga ini baik untuk membersihkan telinga, sakit telinga maupun tinnitus. Obat tetes sangat aman tetapi yang perlu diperhatikan itu jenis obat tetesnya yang cocok. Oleh sebab itu penting untuk menggunakannya dengan benar. Namun sebaiknya tanya kepada dokter atau layanan kesehatan obat tetes yang aman. 

Bagaimana cara menggunakan tetes telinga ?

Menggunakan obat tetes ini harus digunakan pada telinga jangan di gunakan pada mata, menyuntikkan, dan menelan. Obat tetes dipakai sesuai pada petunjuk obat tetes atau yang telah disarankan dokter Anda, biasanya digunakan 3 hingga 4 kali sehari. 

Pastikan kebersihan tangan sebelum menggunakan obat tetes, bersihkan di seluruh telinga sesuai petunjuk. Dalam memastikan jumlah obat yang diteteskan tepat, serta menghindari menyentuh telinga, coba untuk minta tolong orang lain untuk meneteskan apabila memungkinkan. Kemudian, hindari menyentuh ujung obat tetes biarkan penetes menyentuh telinga Anda. 

Pada saat meneteskan usahakan berbaring miring, pegang penetes langsung di atas telinga, lalu masukkan jumlah tetes yang telah ditentukan ke dalam saluran telinga. Agar membantu tetesan masuk pada telinga orang dewasa, pegang daun telinga ke atas dan kebelakang. Kemudian, jika pada anak-anak pegang daun telinga kebawah dan ke belakang. Tetap pada posisi kepala miring selama 2 menit, dan berikan telinga yang lain apabila diarahkan. 

Larangan

  • Jangan gunakan penetes yang retak, terkelupas, atau kotor.
  • Jangan  sampai ujung pada pentes menyentuh telinga, jari, maupun permukaan lainnya. Hal itu dapat bisa membuat bakteri maupun kuman menyebabkan infeksi pada telinga 
  • Jangan menghangatkan tetesan di bawah air panas. Bisa menyebabkan terlalu panas serta melukai telinga Anda. 
  • Jangan berbagi obat tetes telinga Anda dengan orang lain karena bisa menyebarkan kuman serta infeksi. 

Anda juga harus tahu berapa lama Anda bisa menggunakan obat tetes dengan aman setelah membuka botol. Bagi obat tetes yang diresepkan coba tanyakan tanggal kadaluarsanya. Untuk obat tetes yang dijual bebas, periksa tanggal kadaluarsa pada label. Jika tetes telah kedaluwarsa, buanglah. Jangan gunakan obat tetes untuk telinga yang sudah kadaluarsa.

Pakai obat ini dengan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan setiap hari dengan waktu yang sama. Terus untuk menggunakannya bahkan ketika gejalanya hilang pada beberapa hari. Jangan menghentikan penggunaan obat tetes terlalu dini karena bisa membuat bakteri terus tumbuh dan bisa membuat infeksi kembali. 

Beri tahu dokter Anda jika gejala telinga Anda menetap, memburuk, atau kembali setelah menghentikan obat ini.

Hindari kontak dengan mata. Apabila obat itu terkena mata segera bilas dengan air yang mengalir selama 15 menit untuk menghilangkannya. Beri tahu dokter Anda jika mata menjadi terus-menerus teriritasi atau penglihatan Anda menurun.

Efek samping

Obat ini tidak memiliki efek samping yang serius bagi banyak orang yang telah menggunakannya. 

Jika terjadi efek samping yang tidak biasa dan efek yang serius, segera hentikan penggunaan obat ini dan segera ke dokter, efeknya berupa: nyeri baru, kemerahan, bengkak di dalam atau di sekitar telinga.

Jarang terjadi dengan obat tetes telinga ini terjadi reaksi alergi. Namun, cepat untuk meminta bantuan medis apabila reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak, pusing parah, kesulitan bernapas.

Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Apabila memiliki efek lain yang tidak terdaftar coba segera ke dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *