Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Gigi?

Setiap orang dihimbau untuk menjaga kesehatan setiap saat. Tujuannya supaya mereka terhindar dari risiko seperti sakit gigi. Jika Anda mengalami sakit gigi, Anda perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi.

Cara Menjaga Kondisi Gigi

Ada berbagai kondisi yang perlu diwaspadai manusia jika mereka ingin merawat gigi, terutama jika mereka memiliki gigi sensitif. Jika mereka memiliki gigi sensitif, mereka sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin. Untuk menjaga kondisi gigi, mereka dapat menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif seperti Sensodyne.

Cara lain yang dapat dilakukan manusia untuk merawat gigi adalah menambal gigi yang berlubang (jika mereka mengalaminya). Gigi berlubang terjadi karena manusia kurang menjaga kondisi gigi dengan baik seperti mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebihan.

Mereka dapat melakukan penambalan secara permanen. Namun, jika tidak tersedia, mereka dapat melakukan penambalan untuk sementara. Penambalan tersebut tidak dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan.

Penambalan Sementara

Penambalan sementara menggunakan bahan sementara dan berbeda dari bahan yang digunakan untuk penambalan permanen. Penambalan sementara juga dilakukan saat perawatan saluran akar.

Dokter memberikan tambalan sementara kepada pasien untuk memberikan obat atau zat yang dapat mematikan bakteri. Proses tersebut disebut sebagai capping. Capping dilakukan jika lubang yang dialami pasien besar.

Walaupun dapat mematikan bakteri, proses tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada gigi. Rasa nyeri yang dialami pasien merupakan hal yang wajar dan akan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari.

Penyebab Rasa Nyeri Pada Gigi

Berikut adalah alasan mengapa pasien bisa mengalami nyeri pada gigi setelah ditambal sementara:

  • Gigi berlubang dalam sehingga mendekati bagian saraf

Saraf gigi merupakan saraf yang dapat memberikan reaksi pada gigi seperti gigi sensitif karena mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin. Jika saraf gigi berlubang besar, maka sebagian besar perlindungan terhadap saraf hilang.

Jika pasien memutuskan untuk menambal sementara, mereka akan mengalami rasa nyeri pada saraf tersebut. Ketika dokter memberikan tambalan, dokter akan memberikan obat yang dapat meredakan peradangan pada jaringan gigi. Pengobatan tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri selama beberapa hari, kemudian rasa sakitnya hilang.

  • Tambalan yang diberikan mengganjal gigitan

Saraf gigi juga rentan terhadap tekanan. Jika tambalan yang diberikan menumpuk sehingga mengganjal, pasien akan mengalami masalah ketika mereka menggigit sesuatu. Tambalan tersebut dapat memberikan tekanan tambahan pada gigi sehingga menyebabkan rasa nyeri.

Seiring berjalannya waktu, bahan tambal akan menyesuaikan bentuknya setelah manusia menggerakan giginya, dan rasa sakitnya akan hilang.

Pada kasus yang lebih serius, jika tambalan mengganjal secara berlebihan, pasien tidak dapat menggerakan giginya dengan baik seperti mengunyah. Meskipun demikian, dokter dapat mengurangi permukaan tambalan dengan alat khusus.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Jika Anda ingin menambal gigi, namun tidak dapat menambal secara permanen, Anda perlu melakukan penambalan untuk sementara. Penambalan tersebut menyebabkan rasa nyeri pada area gigi, namun Anda tidak perlu menggunakan obat apapun karena rasa sakitnya akan hilang dalam beberapa hari.

Anda juga perlu perhatikan bagaimana kondisi gigi Anda ketika Anda melakukan sesuatu yang melibatkan gigi seperti mengunyah. Jika Anda kesulitan menggerakan gigi karena tambalan yang dilakukan secara berlebihan, Anda dapat meminta dokter gigi untuk mengurangi tambalan tersebut.

Selain cara-cara tersebut, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai cara mengatasi sakit gigi (setelah melakukan penambalan sementara):

  • Menggunakan obat pengurang rasa sakit seperti paracetamol.
  • Hindari mengunyah di area gigi yang ditambal.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang keras.
  • Menggosok gigi dua kali sehari.

Kesimpulan

Cara mengatasi sakit gigi mudah dilakukan. Anda perlu melakukannya secara rutin untuk mencegah risiko seperti gigi berlubang. Untuk informasi lebih lanjut tentang gigi, Anda bisa tanyakan ke dokter gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *