Apa Saja Manfaat dan Kekurangan Penyaring Udara HEPA Filter?

High Efficiency Particulate Air atau HEPA filter merupakan bagian dari alat penyaring udara yang mampu menyaring kotoran yang berukuran 0,3 mikron dengan akurasi 99,97%. HEPA filter menggunakan metode dengan efisiensi tinggi. Alat ini biasanya diaplikasikan pada air purifier atau penyedot debu. Biasanya, HEPA filter diletakkan di ruangan kerja atau tempat tidur. 

Cara Kerja

HEPA filter bekerja dengan cara memaksa udara masuk ke dalam jaring-jaring halus sehingga partikel mengganggu dan berisiko menyebabkan alergi, seperti serbuk sari, bulu hewan, tungan, debu, dan asap tembakau dapat tersaring. Udara yang dihirup pun berubah menjadi lebih bersih. 

Anda dapat menemukan HEPA filter di sebagian besar mesin air purifiers dan penyedot debu. HEPA filter merupakan unit yang dapat dilepas atau dipakai dan hanya bisa bekerja efektif dalam satu ruangan. Apabila Anda ingin menggunakan HEPA filter, sesuaikan kapasitas udara yang mampu disaring dengan besar ruangan yang akan dipakai. Kapasitas ruangan berbeda-beda di setiap jenis HEPA filter. Letakkan HEPA filter di ruangan yang sering Anda tempati dalam waktu lama, seperti ruang tidur. 

Beberapa air purifier dan penyedot debu yang memiliki HEPA filter terbukti dapat menyedot kotoran lebih banyak. Sebagian orang menyatakan bahwa gejala alergi yang diderita berangsur membaik setelah menggunakan HEPA filter. 

Manfaat

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan HEPA filter:

  1. Efektif menyaring debu dan kotoran sejenisnya

Sebagian besar HEPA filter berukuran 0,3 mikron sehingga dapat menyaring alergen di ruangan, seperti debu, tungau, bulu hewan, spora jamur. Bahkan, New York Times menyebutkan bahwa HEPA filter dapat menyaring virus Covid-19. Akan tetapi, HEPA filter yang dimaksud merupakan jenis khusus yang tergolong sangat efektif sehingga dapat digunakan menyaring virus dengan ukuran 0,125 mikron. 

  1. Tidak menimbulkan ozon

Prinsipnya, HEPA filter terdiri dari kipas besar yang menarik udara ke dalam mesin sehingga tidak memerlukan reaksi kimia yang dapat menghasilkan ozon seperti penyaring udara jenis lainnya. Anda perlu tahu, paparan ozon berbahaya bagi sel-sel paru-paru dan saluran napas. Gejala yang akan ditimbulkan jika terpapar ozon melebih batas ambang normal diantaranya sesak napas, batuk, dan dada sesak. 

  1. Mengurangi risiko kambuhnya alergi

Alergi udara biasanya disebabkan alergen seperti debu, bulu hewan peliharaan, atau serbuk sari. Hal ini dapat dihindari menggunakan HEPA filter. Meskipun demikan, bukan berarti Anda bisa membiarkan ruangan Anda kotor dan tidak dibersihkan setelah menggunakan HEPA filter. 

  1. Tidak membutuhkan banyak ruang

Beberapa jenis pembersih udara lain membutuhkan ruangan khusus untuk mengeluarkan udara yang telah digunakan. Berbeda halnya dengan HEPA filter. 

Kekurangan 

Berikut ini beberapa kekurangan HEPA filter yang mungkin Anda temui:

  1. Membutuhkan perawatan rutin

Perawatan ini umumnya dibutuhkan semua alat penyaring udara, termasuk HEPA filter. Untuk memastikan mesin dapat bekerja dengan baik dan efisien, maka sebaiknya lakukan pembersihan atau penggantian filter secara teratur.  

  1. Berisik

Kipas penyaring mengeluarkan suara yang cukup berisik saat kotoran melewatinya. Meskipun, alat penyaring udara modern terbukti lebih halus dibandingkan jenis sebelumnya, namun beberapa orang masih tetap terganggu. Apabila HEPA filter diletakkan di kamar tidur, maka suara bising dapat menurunkan kualitas tidur Anda. 

  1. Tidak dapat menjangkau area luas

HEPA filter akan bekerja efektif di dalam ruangan yang tidak terlalu luas. Terdapat beberapa variasi HEPA filter sesuai dengan jangkauan area yang akan digunakan. Meskipun tetap bisa digunakan di area luas, efektivitas HEPA filter akan semakin menurun.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *