7 Manfaat Orgasme Bagi Kesehatan Perempuan

Saat seseorang mengalami orgasme, seluruh tubuhnya akan terasa rilek. Seseorang dapat mencapai orgasme ketika setelah berhubungan seksual atau masturbasi. Sayangnya, orgasme sendiri hanya bisa didapatkan jika rangsangan seksual yang diberikan sesuai. Seringkali para perempuan memalsukan orgasme mereka di depan pasangan demi menjaga harga diri pasangannya. Padahal melakukan hubungan seksual dengan mampu mencapai orgasme merupakan hal yang cukup penting. Mengapa demikian? Selain membuat hubungan lebih harmonis, manfaat orgasme bagi kesehatan perempuan ternyata cukup banyak. Berikut 7 manfaat tersebut. 

Bukan hanya enak, manfaat orgasme juga membuat kulit terlihat glowing

  1. Menurunkan tingkat stres yang dialami 

Saat mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini membantu memperbaiki suasana hati sehingga Anda akan menjadi lebih bahagia terutama jika orgasme dilakukan secara berkala. Dengan lepasnya hormon endorfin maka tingkat stres yang dialami juga akan ikut menurun dan membuat Anda tampak lebih muda. 

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat orgasme lainnya adalah mampu membuat tidur lebih nyenyak. Hal tersebut dikarenakan tubuh merasa lebih lelah namun rileks sehingga cenderung cocok untuk digunakan beristirahat terutama tidur. Tidur nyenyak akan membantu tubuh melakukan regenerasi kulit secara maksimal, regenerasi sistem imun, dan proses penyembuhan peradangan.

  1. Memperkuat otot panggul 

Kontraksi dan relaksasi otot-otot dasar panggul akan terjadi ketika Anda mengalami orgasme. Kontraksi yang terjadi sebanyak 15 kali dalam 1 detik. Hal tersebut dapat membantu memperkuat otot dasar panggul. Upaya lain untuk memperkuat otot panggul yang dapat Anda terapkan adalah dengan rutin melakukan senam kegel. 

  1. Memperbaiki kesehatan jantung

Berhubungan seksual atau sekadar masturbasi membutuhkan tenaga dan tubuh sehat. Aktivitas tersebut mirip dengan aerobik yang mampu membakar kalori. Tidak hanya itu, hubungan seksual terutama jika bisa mencapai orgasme sangat baik bagi kesehatan jantung. Selain membuat tubuh lebih sehat akibat aktivitas seksual, jantung juga merasa lebih lega sebab Anda merasa sangat rileks ketika mencapai orgasme. 

  1. Mencegah penuaan

Manfaat orgasme lainnya yaitu dapat membantu mencegah penuaan. Saat orgasme, hormon estrogen akan mengalami peningkatan. Hormon estrogen sendiri berperan dalam membantu mencegah penuaan pada kulit dengan cara menjaga kelembapan dan mencegah penurunan kolagen. Apabila Anda mengalami orgasme secara berkala dan rutin maka kulit Anda akan terasa lebih kenyal dan keriput tidak akan mudah muncul.  

  1. Mengurangi nyeri ketika menstruasi

Banyak perempuan mengeluhkan rasa nyeri dan sakit ketika sedang menstruasi. Untuk meredakannya, berbagai cara bisa dipilih seperti menggunakan obat pereda nyeri, olahraga lebih teratur, hingga mengatur pola makan dan tidur. Selain itu, orgasme juga diyakini dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi tiba. Meski demikian, sebaiknya hubungan seksual ketika sedang menstruasi dihindari karena berisiko menyebabkan kelainan endometriosis. Solusi yang disarankan adalah melakukan masturbasi atau meminta pasangan memberi rangsangan tanpa melakukan penetrasi. 

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Seseorang yang sering melakukan hubungan seksual dan mendapat orgasme cenderung memiliki kadar hemoglobin A yang lebih tinggi. Hal tersebut telah melewati penelitian khusus yang dilakukan oleh University of Pennsylvania. Kadar hemoglobin A yang tinggi tersebut merupakan zat penting untuk sistem kekebalan tubuh. 

Itulah 7 manfaat yang mungkin Anda dapatkan ketika mengalami orgasme secara rutin. Komunikasikan dengan pasangan mengenai preferensi seksual Anda sehingga bisa lebih mudah mencapai orgasme. Selain itu, Anda juga bisa mencoba masturbasi sendiri untuk mendapatkan orgasme. Apabila Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai manfaat orgasme, tanyakan secara langsung pada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *