6 Manfaat Mengonsumsi Olive Oil Bagi Tubuh

Minyak zaitun atau olive oil bisa dijadikan pengganti minyak goreng dan lebih sehat. Kandungan lemak baik dalam olive oil lebih banyak dibandingkan dengan minyak kelapa murni. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 11 gram lemak tak jenuh tunggal dan 1 gram lemak tak jenuh ganda. Pada minyak kelapa murni, kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 0,1 gram dan lemak tak jenuh ganda 0,25 gram. 

Hal tersebut membuktikan bahwa olive oil memiliki lebih banyak jumlah lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, berbagai senyawa baik terkandung dalam olive oil seperti omega 6, omega 9, phenolic, vitamin E, vitamin K, dan zat besi. Mengonsumsi olive oil juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan 6 manfaat mengonsumsi minyak zaitun.  

  1. Membuat makanan lebih bergizi

Manfaat pertama dari olive oil yaitu membuat makanan menjadi lebih bergizi. Menurut sebuah studi, memasak makanan menggunakan olive oil mampu meningkatkan kandungan nutrisinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan olive oil terserap oleh makanan yang dimasak. Selain itu, olive oil juga mampu menjaga nutrisi makanan yang biasanya hilang ketika melewati proses memasak. 

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung 

Penyebab kematian dini nomor satu seluruh dunia ialah penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, Anda dapat mulai mengonsumsi olive oil. Studi observasi membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi olive oil memiliki potensi lebih kecil terkena masalah jantung. Salah satu faktor utama populasi di wilayah Mediterania jarang terkena penyakit jantung adalah tingginya konsumsi olive oil. 

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Dalam minyak zaitun terdapat kandungan polifenol yang tinggi. Hal itu mampu meningkatkan kesehatan tulang. Berbagai manfaat olive oil untuk kesehatan tulang di antaranya, yaitu mencegah keropos akibat penuaan, menghambat reabsorbsi tulang, dan meningkatkan pembentukan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa risiko patah tulang dapat berkurang hingga 51% jika rutin mengonsumsi olive oil

  1. Mencegah penyakit stroke

Manfaat lain dari olive oil yaitu mampu mencegah penyakit stroke. Faktor risiko penyakit stroke yaitu tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Sebuah studi di Perancis membandingkan penggunaan minyak zaitun dengan kejadian stroke. Ternyata orang yag mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke 41% lebih rendah. 

  1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Senyawa fenolik yang terdapat dalam olive oil dapat membantu metabolisme glukosa dan meningkatkan sensitivitas maupun efektivitas insulin. Hal tersebut dapat bermanfaat dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2. Manfaat ini akan menjadi lebih maksimal jika dikombinasikan dengan diet Mediterania style yang kaya akan kacang-kacangan. Kombinasi diet tersebut dan konsumsi olive oil dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. 

  1. Sumber antioksidan

Minyak zaitun merupakan sumber antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel. Selain itu, radikal bebas juga bisa mempercepat proses penuaan. Artinya, secara tidak langsung olive oil dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. 

Tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, penggunaan olive oil ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Masker olive oil dapat mengencangkan kulit dan wajah. Selain itu, olive oil juga dapat merawat kesehatan rambut serta menebalkan alis dan bulu mata. Anda bisa mendapatkan olive oil secara online dengan membelinya melalui toko SehatQ. Kini toko SehatQ menyediakan berbagai makanan dan produk sehat yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Unduh juga aplikasi SehatQ di App Store atau Google Play untuk bisa mendapatkan konsultasi dengan dokter terkait berbagai masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *